Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Minggu, 30 April 2023

584 x Dilihat

Puncak Arus Balik Kedua, Menhub Tinjau Stasiun Pasar Senen

Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau kondisi pergerakan penumpang kereta api pada masa arus balik di Stasiun Pasar Senen, Minggu (30/4).

Dimana pada hari Minggu dan Senin besok (30 April dan 1 Mei 2023), merupakan puncak arus balik kedua.

Menhub mengatakan, kereta api menjadi salah satu moda favorit pemudik, dan Stasiun Pasar Senen menjadi stasiun tersibuk pada arus mudik serta balik. Naik kereta api dianggap lebih praktis, bebas macet, nyaman, juga terhindar dari risiko kecelakaan di jalan raya.

Sejak 24 April 2023 hingga hari ini, terhitung sudah 16.900 penumpang KA turun di Stasiun Pasar Senen. Jumlah tersebut naik 2 kali lipat dari masa normal. Diprediksi lonjakan arus balik masih akan terjadi hingga 2 Mei 2023 mendatang.

Meski begitu, Menhub mengatakan, secara keseluruhan semua terkendali dengan baik karena sudah dilakukan sejumlah langkah antisipasi. Misalnya seperti penambahan jumlah petugas dan kursi di ruang tunggu.

“Saya lihat juga petugas pelayanan dan pengamanan, penambahan fasilitas seperti ruang tunggu, serta area boarding telah disiapkan dengan baik,” ujar Menhub.

Kemudian, Menhub pun mengucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, Basarnas, serta 45 provider rumah sakit yang sudah menjamin keamanan dan keselamatan pemudik.

“Saya ucapkan terima kasih kepada TNI, Polri, serta Basarnas yang telah berjaga di Stasiun Pasar Senen untuk menjaga keamanan dan memenuhi kebutuhan pertolongan darurat kepada penumpang jika dibutuhkan,” ujar Menhub.

Menhub mengatakan, ke depannya akan terus dilakukan upaya-upaya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, seperti penambahan tangga dan lift di stasiun.

“Saya memohon kesabaran pengguna kereta api, karena kalau buru-buru membuat fasilitas rusak dan tentunya akan menjadi masalah bersama. Terima kasih kepada penumpang kereta api yang sangat kooperatif dan bersedia menggunakan kereta api,” ujar Menhub.

Pada kesempatan yang sama, Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan kesuksesan penyelenggaraan arus mudik dan balik di Stasiun Pasar Senen berkat kolaborasi yang baik antarinstansi terkait yakni Kemenhub, Polri, TNI, KAI serta Pemprov DKI.

“Kami siap mendukung peningkatan layanan kereta api melalui penataan kawasan sekitar stasiun seperti yang dilakukan di Tanah Abang, Jatinegara, Manggarai, dan stasiun lainnya," ucapnya.

Turut hadir pada peninjauan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Novie Riyanto dan Direktur Utama PT. KAI Didiek Hartantyo. (IND/RDL/BRD/SR)

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU