Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Rabu, 12 Oktober 2011

4895 x Dilihat

PIP Semarang Wisuda Karyawan Pelindo III

Jakarta, (12/11/2011) Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang mewisuda 60 orang karyawan baru PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III yang lulus program pendidikan D I di kampus tersebut. Penyerahan kegiatan pendidikan karyawan baru dari operator pelabuhan ke unit pelaksana teknis (UPT) Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Kemenhub menunjukan adanya kepercayaan yang tinggi dari pihak stakeholder  untuk membekali karyawan  barunya  memiliki  kompetensi, keterampilan, mental dan etos kerja di   kembaga pendidikan dan latihan (diklat) pemerintah.

Wisuda dilakukan oleh Direktur PIP Semarang,  Capt. Bambang Purnomo MM. M. Mar mewakili Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan, Capt. Bobby R. Mamahit M. Mar, dan laporan pendidikan disampaikan  Pembantu Direktur  I Drs Edy Warsopurnomo MM. M.Mar E, di kampus PIP Semarang, Senin sore (10/11).  Pada malam harinya berlangsung Malam Ramah Tamah Direksi Pelindo III, PIP Semarang, Alumnus PIP Semarang Program D I Angkutan Laut dan Kepelabuhanan, dan Orang Tua Alumnus,  di  Hotel Patra Semarang.

Pada malam ramah  tamah, Direktur PIP Semarang , Capt. Bambang Purnomo, MM. M. Mar menyatakan  pihak wisudawan dididik dan dilatih dengan sistem dan metode pembelajaran yang ketat mencakup aspek pengetahuan, pemahaman dan kecakapan sesuai dengan ketentuan kurikulum pelatihan dan pendidikan transportasi serta program pembinaan mental, moral dan kesemaptaan jasmani yang dilakukan secara terpadu baik melalui kegiatan kurikuler maupun ektra kurikuler, sehingga dapat diyakini bahwa para lulusan ini merupakan para calon-calon pegawai yang kompeten dan professional serta dapat diandalkan untuk menjawab tantangan di lapangan.

“Kami yakin mereka akan menjadi karyawan yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga memiliki daya tahan mental yang kuat, moral yang baik dan memiliki  etos kerja yang dapat diandalkan menghadapi tantangan di masing-masing tempat kerjanya,”   kata Bambang Purnomo.
Selama pendidikan yang berlangsung satu tahun, wisudawan diasramakan, layaknya pendidikan bagi taruna pelaut. Kegiatan pendidikan meliputi aspek pengetahuan angkutan laut dan pengelolaan pelauhan, serta pembinaan mental, moral dan kesemaptaan jasmani.

Sementara itu, Direktur Utama PT pelabuhan Indonesia III, Djarwo Surjanto menyatakan, piihaknya menaruh harapan yang  sangat besar agar di sejumlah daerah  muncul putra-putri daerah untuk menjadi  leader di  pelabuhan cabang yang dikelolanya, Untuk itu pada saat penerimaan calon pegawai diambil dari sejumlah daerah  yang ada pelabuhan cabang Pelindo III.

“Wisudawan adalah putra putri  daerah, yang suatu saat nanti diharapkan dapat menjadi pemimpin  di tempat bekerjanya masing-masing. Agar  putra-putri  daerah itu mampu menjadi pemimpin  dikemudian hari,  maka jalannya harus melalui pendidikan,”ungkap  Djarwo. Dan, tambahnya,  pihaknya  percaya PIP Semarang mampu  mendidik dan melatih sumber daya manusia untuk memiliki keahlian, keterampilan,  mental  dan karakter untuk menjadi operator pelabuhan handal.

”Kami sudah bekerja sama dengan pihak lembaga pendidikan pelayaran di Makassar (PIP Makassar) ketika berada di PT Pelabuhan Indonesia IV, untuk mendidik dan melatih karyawan baru asal  Papua. Dan, hasil sangat baik ketika kami tempatkan di sejumlah pelabuhan cabang,” ungkap  Djarwo yang juga Mantan Dirut  PT Pelabuhan Indonesia IV itu.

Para wisudawan merupakan rekrutmen PT Pelindo III yang mulai dilakukan sejak   bulan Juni sampai awal September 2010 lalu. Pendaftar  yang masuk sebanyak 648 orang  yang berasal dari siswa SLTA berprestasi pada masing-masing daerah.  Namun, pada pada tahapan akhir, sebanyak 60 orang dinyatakan lulus, dengan perincian 48 orang laki-laki dan 12 orang perempuan.

PT Pelabuhan Indoensia III memiliki cabang di 21 daerah meliputi daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Nusatenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan.(AB)
 

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU