Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Kamis, 02 September 2010

4502 x Dilihat

OPERATOR PENERBANGAN DIMINTA OPTIMALKAN PELAYANAN INFORMASI PADA ANGKUTAN LEBARAN

(Tangerang,01/09/2010) Pelayanan informasi menjadi hal utama dalam penyelenggaraan angkutan udara lebaran 2010 di Bandara Soekarno Hatta. “Komunikasi dan informasi merupakan kunci keberhasilan dan kelancaran penyelenggaraan angkutan lebaran oleh karena itu pemberian informasi kepada masyarakat harus diupayakan lebih intensif sehingga pengguna jasa memahami kondisi yang ada, “ jelas Menhub. Penegasan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Freddy Numberi yang diwakili oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara Herry Bakti saat menjadi inspektur Apel Siaga Kesiapan Angkutan Lebaran 2010/1431 H di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng , Selasa (1/9)
 
“Apabila memang harus terjadi keterlambatan dalam penerbangan, informasi keterlambatan tersebut secepatnya disampaikan kepada pengguna jasa agar masyarakat dapat memahami kondisi permasalahan yang terjadi dan tidak menimbulkan kekacauan,” papar Menhub.  Menhub berpesan kepada para operator penerbangan dan Bandara agar bekerjasama dalam memberikan penjelasan sedini mungkin dan tidak melempar tanggung jawab dalam penanganan penumpang bila terjadi keterlambatan. Menhub juga menambahkan agar operator dapat menyusun rencana operasi penerbangan dengan baik terkait izin penambahan penerbangan (extra flight) yang dikeluarkan pemerintah untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang penerbangan.
 
Menhub berpesan kepada semua pihak terkait pada pelaksanaan angkutan lebaran agar memperhatikan hal – hal seperti melakukan pengawasan terhadap kelaikan seluruh sarana dan presarana bandara serta pesawat untuk menjaga tingkat keselamatan penerbangan dan melakukan koordinasi dengan instansi terkait termasuk pemerintah daerah setempat oleh Administrator Bandara; memberikan pelayanan kepada masyarakat secara optimal oleh para petugas lapangan dan posko; mengambil tindakan tegas namun bijaksana terhadap kegiatan yang mengganggu kelancaran pelayanan sesuai ketentuan oleh petugas POLRI dan keamanan bandara; dan memfungsikan fasilitas pemantauan secara optimal melalui CCTV.
 
Senada dengan Menhub, Herry Bakti menyampaikan bahwa kesuksesan penyelenggaraan angkutan mudik lebaran dengan penerbangan harus ada koordinasi yang baik antara para stakeholders seperti komunitas bandara, operator, pemerintah, dan pengelola bandara. Herry menambahkan puncak keramaian arus mudik di Bandara Soekarno Hatta diprediksi akan terjadi pada H-2 dan H-3 lebaran. Dalam laporannya, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri Sunoko memperkirakan akan terjadi kenaikan jumlah penumpang sekitar 11% pada masa angkutan udara lebaran tahun 2010 khususnya pada H-7 hingga H+7 jika dibandingkan tahun 2009. Jumlah penumpang tahun ini diperkirakan meningkat sekitar 2.628.700 orang jika dibandingkan tahun 2009 sebanyak 2.368.199 orang.
 
Apel siaga ini dihadiri oleh segenap jajaran unsur terkait di bandara Soekarno-Hatta seperti Administrator Bandara, PT (Persero) Angkasa Pura II, Imigrasi, Bea Cukai, Kepolisian, operator penerbangan, dan komunitas bandara lainnya. Apel kesiapan  ini merupakan upaya Kementerian Perhubungan untuk menghadapi angkutan lebaran 2010 di Bandara Soekarno Hatta pada H-10 lebaran.  (ARI)

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU