Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Sabtu, 29 April 2023

546 x Dilihat

Menhub Cek Arus Balik di Sumatera Selatan

Palembang - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Sabtu (29/4), melakukan pengecekan ke simpul transportasi seperti Terminal, Bandara dan Stasiun LRT, untuk memastikan kelancaran arus balik di Sumatera Selatan.

Sejumlah simpul transportasi yang dikunjungi yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Terminal Tipe A Alang-Alang Lebar

Palembang dan Stasiun LRT Sumsel. Terpantau situasi Menhub dan Gubernur Sumsel juga mengadakan rapat koordinasi dengan para petugas di Terminal Alang-Alang Lebar.

Menhub mengungkapkan, di tengah lonjakan pergerakan masyarakat pada arus mudik dan balik tahun ini, pelaksanaannya berjalan relatif lancar. Ada beberapa indikator yang menunjukkan adanya peningkatan seperti kenaikan jumlah penumpang angkutan umum maupun kendaraan yang melintas dari dan ke Sumatera.

"Kami ingin memastikan penyelenggaraan arus mudik berjalan dengan aman dan berkesan. Dari keterangan pak Gubernur, ada suatu peningkatan kuantitas yang signifikan, misalnya dari angkutan penyeberangan, jalan tol yang mengalami peningkatan, bahkan pengguna LRT Sumsel naik 30%. Ini tentu menggembirakan kita semuanya," kata Menhub.

Menhub menjelaskan, akan terus meningkatkan pelayanan transportasi publik di Provinsi Sumsel, yang menjadi daerah percontohan atau role model dari pengelolaan angkutan massal perkotaan.

"Oleh karenanya kami berdiskusi bersama pak Gubernur untuk terus menambah titik-titik rute angkutan feeder dari LRT Sumsel agar okupansinya terus meningkat. Misalnya menambah feeder menuju ke Universitas Sriwijaya yang akan dilakukan bersama-sama antara pemerintah pusat, provinsi dan juga BUMN,” tutur Menhub.

Menhub mengatakan, pada arus mudik tahun ini fasilitas infrastruktur transportasi yang ada di Sumatera semakin ditingkatkan seperti Jalan Tol Trans Sumatera, Pelabuhan Penyeberangan Bakauheni, Pelabuhan Panjang, dan infrastruktur pendukung lainnya.

Dengan adanya penambahan fasilitas dan infrastruktur transportasi dan jalan, penyelenggaraan arus mudik dan balik dari dan ke Sumatera semakin lancar dan nyaman. “Penyeberangan Merak – Bakauheni dan juga jalan tol Trans Sumatera menjadi salah satu titik krusial yang kami perhatikan pada arus mudik dan balik,” ucap Menhub.

Lebih lanjut Menhub mengingatkan kepada masyarakat untuk mewaspadai adanya potensi lonjakan arus balik kedua pada Minggu dan Senin Besok (30 April dan 1 Mei 2023). Menhub telah meminta seluruh petugas di simpul transportasi untuk mengantisipasi lonjakan tersebut dengan baik.

“Kami mohon dukungan dari masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan penyelenggaraan arus mudik dan balik. Karena tidak mungkin mudik ini bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan dari para masyarakat yang melakukan mudik," kata Menhub.(HH/RDL/BRD/SR)

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU