Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Selasa, 14 November 2023

1420 x Dilihat

Beri Penghargaan Kepada Pejabat Pengelola Informasi Publik, Kemenhub Komitmen Pertahankan Predikat Badan Publik Informatif

Jakarta – Kementerian Perhubungan memberikan penghargaan kepada para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID). Kegiatan ini menjadi wujud komitmen Kemenhub untuk mempertahankan predikat sebagai badan publik yang informatif.

Penghargaan diberikan kepada 8 (delapan) PPID Pelaksana dan 32 PPID Unit Pelaksana Teknis (UPT) terbaik di lingkungan Kemenhub melalui kegiatan “Anugerah Standar Layanan Informasi Publik 2023” yang dihadiri oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Ketua Komisi Informasi Pusat Donny Yusgiantoro, di kantor Kemenhub, Jakarta, Selasa (14/11).

“Kami terus mendorong peningkatan kualitas layanan informasi publik secara menyeluruh di setiap unit kerja baik di pusat maupun di daerah, agar masyarakat semakin mudah mengakses informasi publik,” ujar Menhub.

Menhub menginstruksikan jajaran PPID untuk memberikan informasi publik sejelas-jelasnya kepada masyarakat. Dengan begitu, diharapkan dapat turut mendorong iklim investasi yang baik di Indonesia. “Semoga penghargaan ini dapat memberikan motivasi dan semangat kepada PPID di seluruh unit kerja Kemenhub untuk terus meningkatkan layanannya.” Tuturnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Informasi Pusat (KIP) Donny Yusgiantoro mengapresiasi Kemenhub yang memperoleh predikat Badan Publik kategori “Informatif” selama 3 (tiga) tahun berturut turut sejak tahun 2020 s.d 2022.

"Untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik, membutuhkan dukungan, komitmen, kolaborasi dari pimpinan tertinggi pada Badan Publik, serta seluruh PPID Pelaksana, seperti halnya yang dilakukan Kemenhub, " ujar Donny.

Untuk menilai kinerja PPID baik di pusat maupun daerah, Biro Komunikasi dan Informasi Publik selaku Manager Informasi telah melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Standar Layanan Informasi Publik yang berlangsung pada Juni-Oktober 2023.

Monev dilakukan pada 8 PPID Pelaksana dan 532 PPID Pelaksana UPT di lingkungan Kementerian Perhubungan, yang terdiri dari 34 UPT Ditjen Perhubungan Darat; 296 UPT Direktorat Jenderal Perhubungan Laut; 164 UPT Ditjen Perhubungan Udara; 11 Ditjen Perkeretaapian, dan 27 UPT Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan (BPSDMP). Kategori yang diberikan yaitu predikat “Informatif”, “Menuju Informatif”, “Cukup Informatif”, “Kurang Informatif”, dan “Tidak Informatif”.

Adapun tim penjurian terdiri dari perwakilan Manager Informasi PPID Kemenhub, Komisi Informasi Pusat, Freedom of Information Network (FOINI) dan Indonesian Center for Environmental Law.

Adapun PID Pelaksana dan PPID Pelaksana UPT Eselon II, III, IV yang memperoleh kategori Informatif adalah sebagai berikut :

PPID Pelaksana

1. Sekretaris Direktorat Perhubungan Laut

2. Sekretaris Badan Kebijakan Transportasi

3. Sekretaris Direktorat Perhubungan Darat

4. Sekretaris Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek

5. Sekretaris Badan Pengembangan SDM Perhubungan

6. Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Udara

7. Sekretaris Inspektorat Jenderal

8. Sekretaris Direktorat Jenderal Perkeretaapian

PPID Pelaksana UPT Eselon II

1. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Belawan

2. Distrik Navigasi tipe B Tanjung Priok

3. KSOP Kelas I Banjarmasin

4. Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah IV Bali

5. Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah II Medan

6. Politeknik Penerbangan Indonesia Curug

7. STIP Jakarta

8. Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Tanjung Priok

PPID Pelaksana UPT Eselon III

1. Politeknik Transportasi Darat Bali

2. UPBU Kelas I Mutiara Sis Al-Jufri

3. Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

4. Politeknik Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan Palembang

5. Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor

6. Akademi Penerbang Indonesia Banyuwangi

7. Politeknik Pelayaran Sumatera Barat

8. BTP Kelas I Jakarta

9. BPTD Kelas II Riau

10. Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Laut (BP2TL) Jakarta

11. Balai Pengujian Perkeretaapian

12. Balai Perawatan Perkeretaapian

13. BPTD Kelas II Lampung

14. Balai Pendidikan dan Pelatihan Transportasi Darat (BPPTD) Mempawah

15. Balai Pendidikan dan Pelatihan Penerbangan (BP3) Curug

16. BPTD Kelas II Kalimantan Timur

17. BPTD Kelas II Kalimantan Selatan

18. BTP Kelas I Surabaya

19. BPTD Kelas II Jambi

20. BTP Kelas I Semarang

PPID Pelaksana UPT Eselon IV

1. UPBU Kelas III Teuku Cut Ali

2. KSOP Kelas IV Ketapang

3. UPP Kelas III Teluk Segintung

4. UPBU Kelas III Trunojoyo

Turut hadir pada penganugerahan tersebut Sekretaris Jenderal Kementerian PErhubungan Novie Riyanto selaku PPID Utama, Komisioner Komisi Informasi Pusat, para dewan juri Monitoring Evaluasi Standar Layanan Informasi Publik, dan para Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Kementerian Perhubungan. (AH/RDL/SR/BRD)

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU