Biro Komunikasi dan Informasi Publik - Selasa, 28 Mei 2024

6494 x Dilihat

Jadi Tuan Rumah ITS Asia Pasific Forum, Indonesia Siap Dorong Peningkatan Kualitas Transportasi Berkelanjutan

Jakarta – Indonesia kembali menjadi tuan rumah untuk sebuah gelaran berskala internasional yakni Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik atau The 19th Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum yang berlangsung pada 28 hingga 30 Mei 2024. Penyelenggaraan forum bertempat Jakarta Convention Centre dengan tema “Transformation Towards A Sustainable and Intelligent Urban Mobility” atau Transformasi Menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas.

Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ini akan menampilkan berbagai perkembangan terbaru sistem transportasi cerdas, membahas sejumlah isu transportasi kekinian, termasuk digitalisasi transportasi yang sedang dikembangkan Indonesia. Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang terus mendorong digitalisasi di segala sektor, termasuk sektor transportasi di Indonesia.

Fase Peta Jalan Transportasi Cerdas Indonesia

Pemilihan tema Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ini sesuai dengan peta jalan desain sistem transportasi cerdas di Indonesia. Adapun peta jalan transportasi cerdas Indonesia terbagi menjadi dua fase perkembangan.

Fase pertama yakni pada tahun 2021 merupakan implementasi. Pada tahun ini, langkahnya yang dilakukan yaitu memperkuat sistem transportasi cerdas yang sudah ada, selanjutnya pada tahun 2022 implementasi pembangunan dari sistem transportasi cerdas. Beranjak pada tahun 2023, dilakukan implementasi pengembangan infrastruktur sistem transportasi cerdas, selanjutnya pada tahun 2024 adalah implementasi peningkatan teknologi sistem transportasi cerdas, serta tahun 2025 merupakan implementasi merajut konektivitas sistem transportasi cerdas.

Berlanjut ke fase kedua yang berawal pada tahun 2026 merupakan implementasi terhadap penyelarasan sistem transportasi cerdas. Lalu pada tahun 2027 merupakan implementasi pembinaan inovasi sistem transportasi cerdas. Pada tahun 2028 sendiri merupakan masa depan inti sistem transportasi cerdas, dan pada tahun 2029 menuju otonomi. Hingga puncaknya pada tahun 2023 merupakan implementasi penuh dari otonomi.

IKN Pionir Kota Transportasi Cerdas

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu menjelaskan, pada Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik juga akan membahas konsep smart city sertasistem transportasi cerdas terintegrasi dan berkelanjutan.

Lanjut Menhub Budi Karya Sumadi, Ibu Kota Nusantara (IKN) akan menjadi pionir kota berbasis transportasi cerdas di dunia. Adapun rencana pemerintah membangun transportasi cerdas, terintegrasi dan ramah lingkungan di IKN, antara lain meliputi : kereta tanpa rel (Autonomous Rail Transit/ART), taksi terbang, dan bus-bus tanpa awak. Pengoperasian sistem transportasi cerdas tidak lagi ditangani operator secara konvensional tetapi melalui penerapan sistem traffic control.

Menhub menambahkan, penerapan sistem transportasi cerdas Indonesia ini juga sejalan dengan visi pemerintah menuju Indonesia Emas di tahun 2045 untuk mewujudkan penurunan intensitas emisi gas rumah kaca dan mencapai net zero emission.

Sistem Transportasi Cerdas untuk Pengendalian Lalu Lintas

Indonesia telah mengimplementasikan sistem transportasi cerdas melalui sistem pengendalian lalu lintas area atau Area Traffic Control System (ATCS). ATCS merupakan implementasi sistem transportasi cerdas pada transportasi lalu lintas, dengan sistem pengatur lalu lintas pada suatu kawasan berbasis teknologi informasi bertujuan untuk mengoptimalkan kinerja jaringan jalan melalui optimalisasi dan koordinasi pengaturan lampu lalu lintas pada setiap persimpangan.

Beberapa kota di Jawa, Sumatera, dan Bali telah menerapkan ATCS di beberapa persimpangan. Implementasi ATCS masih terkendala dengan input trafik yang masih menggunakan data manual dan belum dalam kondisi trafik real time. Untuk itu, perlu dikembangkan teknologi ATCS dengan menggunakan Advanced Traffic Management System (ATMS).

Implementasi ATMS ini memberikan manfaat dan berfungsi sebagai tanda pesan variabel. Berbentuk rambu lalu lintas elektronik yang sering digunakan di jalan raya untuk memberikan informasi kepada wisatawan tentang acara khusus dan arus lalu lintas saat ini. Manfaat lainnya sebagai detektor, yaitu sistem untuk memantau dan menghitung jumlah kendaraan yang lewat yang dapat dibedakan berdasarkan jenis dan ukurannya. ATMS ini juga dapat sebagai perangkat untuk mengumumkan acara khusus atau penundaan lalu lintas dan memperingatkan wisatawan atas pelanggaran peraturan lalu lintas, juga berfungsi sebagai Traffic Signal, yaitu untuk mengontrol fase dan durasi sinyal lalu lintas dan mengaktifkan prioritas untuk kendaraan prioritas

Informasi dari sistem manajemen lalu lintas lanjutan ini dapat diakses secara real time melalui sosial media, serta aplikasi digital lainnya yang memungkinkan penegakan hukum lalu lintas elektronik dapat dijalankan, serta pemantauan jadwal dan pelacakan transportsi massal yang digunakan oleh masyarakat seperti Teman Bus dapat diketahui secara real time, juga berkaitan dengan informasi penting lainnya yang juga dapat didapatkan secara real time juga.

Digitalisasi sistem transportasi lainnya juga akan dipamerkan dalam kegiatan tersebut, seperti sistem pembayaran elektronik, dan implementasi digitalisasi dari sistem transportasi publik yang lebih terdepan.

Momentum Kebangkitan Transportasi Modern di Indonesia

Presiden ITS Indonesia William P Sabandar, mengungkapkan kegembiraannya atas pelaksanaan ITS APF 2024 Indonesia. Lebih lanjut William mengatakan, Indonesia berkesempatan menunjukkan pencapaian di sektor transportasi satu dekade belakangan kepada masyarakat Indonesia dan masyarakat negara lain, serta para delegasi. Hal ini dapat memberikan motivasi yang kuat tentang era kebangkitan transportasi modern Indonesia di kawasan Asia Pasifik.

Beberapa perusahaan ITS di Indonesia di antaranya adalah PT MRT Jakarta, PT Aino Indonesia, PT Hisense International Indonesia, PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab Indonesia), PT Jaklingko Indonesia, PT Transportasi Jakarta, PT Trinusa Travelindo (Traveloka), PT Moda Integrasi Transportasi Jabodetabek, PT Fintek Karya Nusantara (LinkAja), PT Jingdong Indonesia Pertama (JD.ID), PT Nutech Integrasi, PT Intiland Development Tbk., PT Jatelindo Perkasa Abadi (Jatelindo), PT Manunggaling Rizky Karyatama Telnics (Marktel), PT Thano Technologies, PT Jakarta Industrial Estate Pulogadung (JIEP), PT Teknologi Rancang Olah Nusantara (TRON), dan PT Teknologi Karya Digital Nusantara (TKDN), mereka turut mengambil bagian di forum tersebut.

Presiden ITS Indonesia mengapresiasi berbagai pihak yang telah memberikan dukungan untuk terselenggaranya The 19th ITS Asia Pacific Forum 2024. Terpilihnya ITS Indonesia sebagai penyelenggara, lanjut William, merupakan kepercayaan dan tanggung jawab yang besar terutama dalam hal memimpin ITS Asia Pacific selama 2 tahun ke depan.

Melalui kesempatan ini, ITS Indonesia harus dapat menunjukkan kepemimpinan yang terbaik di kawasan Asia-Pasifik di bidang transportasi cerdas dan keberlanjutan. “Kami mohon dukungan dari seluruh pemangku kepentingan baik pemerintah, akademisi, pelaku industri serta masyarakat sipil untuk bersama-sama mensukseskan acara ini,” ucap William.

Organisasi ITS Indonesia memiliki anggota yang merupakan gabungan dari lembaga pemerintah, akademisi, komunitas, serta pelaku industri. Anggota ITS Indonesia sebagian besar terdiri dari operator transportasi di Indonesia.

"Kita boleh berbangga bahwa hari ini di Indonesia, kemajuan-kemajuan transportasi itu sudah bisa kita rasakan bersama-sama, salah satunya melalui implementasi transportasi cerdas di IKN," ungkap William.

Dalam perhelatan ITS APF ke 19 tahun 2024 tersebut, selain menggelar berbagai diskusi ilmiah mengenai tranportasi cerdas dan berkelanjutan, juga terdapat peragaan dan pameran teknologi transportasi terbaru yakni perkembangan terkait transportasi pintar, kendaraan otonom, kendaraan listrik serta evolusi digital dalam transportasi.

"Negara-negara anggota ITS menunjukkan ketertarikan tinggi untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini dan turut serta pada kegiatan pameran, di antaranya ITS Korea, ITS China, ITS Australia, ITS Taiwan dan ITS Singapura. Pameran ini juga diikuti pelaku bisnis teknologi transportasi di berbagai negara," jelasnya.

Sesuai pesan Menhub, William mengajak masyarakat transportasi memanfaatkan kesempatan ini untuk memajukan ITS dan menciptakan jaringan transportasi yang lebih terhubung dan efisien di kawasan Asia Pasifik. “Indonesia mengapresiasi kerja kolaboratif dalam mencapai tujuan kita bersama,"cetus William.

Forum Sistem Transportasi Cerdas Asia Pasifik ini juga akan diikuti oleh menteri-menteri transportasi atau perwakilan dari negara-negara kawasan Asia Pasifik, duta besar negara asing di Jakarta, pimpinan BUMN dan BUMD, kepala daerah, pimpinan organisasi internasional, serta pimpinan sektor swasta.

Dalam forum ini juga akan diluncurkan inisiatif Jakarta tentang Mobilitas Perkotaan yang Cerdas dan Berkelanjutan atau Jakarta Initiative on Sustainable and Intelligent Urban Mobility. Ini merupakan kerja sama antar pemangku kepentingan dunia usaha dalam negeri yang diwakili oleh KADIN Indonesia, asosiasi transportasi yang diwakili ITS Indonesia dan ITS Asia Pacific, juga aliansi masyarakat sipil global yang diwakili the 5P Global Movement.

Forum ini harus menjadi momentum bagi pemangku kepentingan transportasi di Indonesia untuk terus melakukan transformasi ke arah yang lebih baik.

Inisiatif ini juga menandakan langkah konkret dari pernyataan bersama yang disepakati yaitu percepatan pengembangan dan penerapan solusi ITS di Indonesia, untuk membuka jalan bagi pembangunan transportasi yang lebih berkelanjutan dan efisien, serta mengundang masyarakat untuk berkunjung dan menyaksikan Pameran Transportasi Indonesia Masa Depan.

Untuk itu, jangan lewatkan perhelatan Forum Sistem Transportasi Cerdas dua tahunan ini dan jadilah saksi perkembangan kemajuan transportasi modern tanah air. Jangan lupa berkunjung ke booth Kementerian Perhubungan di pameran forum ini untuk memahami kemajuan transportasi modern tanah air. Registrasikan dirimu melalui tautan berikut: https://its-asiapacificforum2024.com/how-to-join/visitor?url=/how-to-join/visitor dan dapatkan akses kunjungan gratis selama penyelenggaraan Forum Sistem Transportasi Cerdas 2024 di Jakarta Convention Centre, Senayan.

IS/AS /SHL/RY/MY

Jajak Pendapat

Kementerian Perhubungan RI

Bagaimana proses pelayanan pengaduan di Kementerian Perhubungan?

Memuaskan Kurang Memuaskan Tidak Memuaskan
  MENU